Posted by: Indonesian Children | September 3, 2009

KOMPLIKASI OSAS

Gangguan pernapasan saat tidur dikenal dengan sleep apnea. Mendengkur (snoring) merupakan spektrum klinis gangguan pernapasan saat tidur.

Berdasarkan ada tidaknya apnea/hipopnea, snoring terbagi menjadi

  1. Primary snoring dan obstructive sleep apnea syndrome (OSAS). Primary snoring adalah mendengkur tanpa menunjukkan apnea/hipoventilasi pada pemeriksaan polisomnografi. Primary snoring dibagi menjadi occasional snoring (OS) yaitu mendengkur ? 3 kali per minggu
  2. Habitual snoring (HS) yaitu mendengkur > 3 kali per minggu. Habitual snoring biasanya dihubungkan dengan OSA sedangkan occasional snoring biasanya tidak berbahaya. Jadi, anak yang mendengkur perlu diwaspadai karena mendengkur merupakan manifestasi utama obstructive sleep apnea (OSA). OSA adalah sindrom klinis yang ditandai dengan adanya obstruksi jalan napas selama tidur.

KOMPLIKASI OSAS

  • Komplikasi kardiovaskular  Hipoksia nokturnal berulang, hiperkapnia, dan asidosis respira dapat mengakibatkan terjadinya hipertensi pulmoner yang merupakan penyebab kematian pasien OSAS. Hipertensi pulmoner kemudian berkembang menjadi korpulmonal. Prevalens hipertensi pulmoner pada anak dengan OSAS tidak diketahui. Brouilette dkk. Melaporkan bahwa korpulmonal terjadi pada 55% dari 22 anak dengan OSAS, sedangkan Guilleminault dkk. Melaporkan adanya cardiorespiratory failure pada 20% dari 50 pasien.

 

  • Enuresis  Enuresis dapat merupakan komplikasi OSAS. Kemungkinan etiologinya karena kelainan dalam regulasi hormon yang mempengaruhi cairan tubuh. Enuresis, khususnya yang sekunder, dapat membaik setelah obstruksi jalan napas-atas diatasi.

 

  • Penyakit respiratorik  Penyakit OSAS lebih mungkin mengaspirasi sekret dari saluran respiratorik-atas yang dapat menyebabkan kelainan saluran respiratorik-bawah yang akjirnya memungkinkan terjadinya infeksi respiratorik. Keadaan akan membaik setelah dilakukan tonsilektomi dan/atau adenoidektomi. Beberapa anak dengan tonsil yang besar akan mengalami disfagia atau merasa sering tercekik dan berisiko mengalami aspirasi pneumonia.

 

  • Gagal napas dan kematian  Sebuah laporan kasus melaporkan adanya gagal napas pada pasien OSAS berat atau karena komplikasi perioperatif.

 

  • Komplikasi neurobeharioral  Komplikasi neurobehavioral terjadi akibat hipoksia kronis nokturnal, asidosis, dan sleep fragmentation. Rasa mengantuk pada siang hari yang berlebihan dilaporkan terjadi pada 31-84% anak dengan OSAS. Keluhan lain yang dapat menyertai OSAS adalah keterlambatan perkembangan, penampilan di sekolah yang kurang baik, hiperaktif, agresif, dan menarik diri dari kehidupan sosial. Manifestasi gangguan kognitif yang lebih ringan dapat sering terjadi. Suatu penelitian menunjukkan bahwa perbaikan OSAS yang berat dapat menyebabkan perbaikan yang nyata pada fungsi kognitif.

 

  • Gagal tumbuh  Gagal tumbuh merupakan komplikasi yang sering terjadi pada anak-anak dengan OSAS, yaitu kira-kira 27-56%. Penyebab gagal tumbuh pada anak dengan OSAS adalah anoreksia, disfaga, sekunder akibat hipertrofi adenoid dan tonsil, peningkatan upaya untuk bernapas, dan hipoksia. Pertumbuhan yang cepat terjadi setelah adenotonsilektomi.

 

 

Supported  by

CHILDREN SLEEP CLINIC

Yudhasmara Foundation

Office ; JL Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Indonesia 10210

phone : 62(021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com,

https://sleepclinic.wordpress.com/

 

 

 

Clinic and Editor in Chief :

Widodo Judarwanto, pediatrician

email : judarwanto@gmail.com

curriculum vitae

 

 

Copyright © 2009, Children Sleep Clinic  Information Education Network. All rights reserved


Responses

  1. Selamat Siang Pak ,
    Maaf Pak, kalau boleh bertanya via email. Anak saya laki-laki umur 3 tahun, tidur setiap hari mendengkur tapi jika saya pindahkan posisi tidurnya tidak mendengkur lagi juga mendengkurnya hanya beberapa menit saja setiap hari. Apakah itu termasuk gangguan tidur?

    Terima kasih sebelumnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: